Optimalisasi pembelajaran senam melalui project based learning selama tatap muka terbatas
Main Article Content
Abstract
Covid 19 sanggatlah berdampak negatif bagi dunia pendidikan. khususnya mata pelajaran Pendidikan Jasmani. Materi pelajaran Pendidikan Jasmani dirasa kebanyakan guru Penjas sulit atau bahkan tidak mungkin untuk mencapai tujuan pembelajaran tanpa adanya tatap muka atau luring (luar jaringan), Ini menjadikan semua pendidik mengubah metode dalam pembelajaran diberikan kepada peserta didik, sama hal dengan pembelajaran di SMK Sultan Agung 1 Tebuireng yang mengikuti aturan pemerintah dengan pertemuan tatap muka terbatas. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara induktif. Hasil tes gerakan senam lantai guling ke depan siklus I di atas dapat diketahui rata-rata skor keberhasilan siswa dalam menguasai gerakan senam lantai guling ke depan adalah termasuk kategori baik nilai rata-rata 76,44%, dilanjutkan ke siklus II dengan hasil Hasil tes skor keberhasilan siswa dalam menguasai gerakan senam lantai guling ke depan mencapai 94,77%. Maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Project Learning dapat meningkatkan kemampuan senam lantai pada siswa kelas X SMK Sultan Agung 1 Tebuireng tahun pelajaran 2021/2022, peningkatan tergolong tinggi.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Basuki, B., Rahman, T., Prakoso, B. B., & Bayu, W. I. (2021). Pemenuhan kebutuhan aktivitas fisik peserta didik selama pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 17(1), 48–56. https://doi.org/10.21831/JPJI.V17I1.42666
Basuki, Nurhasan, & Suroto. (2021). Movement and Sports Activities through Games to Enhance the Skills of Creative Thinking and Quality of Learning Process for Children Aged 14–15. In Sport i Turystyka (Vol. 4, Issue 1, pp. 115–128). https://doi.org/10.16926/sit.2021.04.06
Basuki, Rahayu Prasetiyo, & Faisol Hamid. (2022). Optimalisasi Pembelajaran Perkembangan dan Belajar Motorik Melalui Smartclass Selama PTM di Masa Covid 19. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(2), 87–95. https://doi.org/10.46838/spr.v3i2.208
Bayu, W. I., Nurhasan, N., Suroto, S., & Solahuddin, S. (2022). Peer observation, self-assessment, and circuit learning: improving critical thinking and physical fitness in physical education. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 41(2), 308–320. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.38654
Febrianti1, D., Gunatama, G., & Sutama, I. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Merancang Proposal Karya Ilmiah Pada Siswa Kelas Xi Kuliner 2 Di Smk Nusa Dua Gerokgak. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 1–10.
Helle, L., Tynjälä, P., & Olkinuora, E. (2006). Project-based learning in post-secondary
education – theory, practice and rubber sling shots. Higher Education, 51, 287–
https://doi.org/10.1007/s10734-004-6386-5.
Hidayah, R., Maharani, D. K., & Muchlis. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Kimia SMA Di MGMP Kimia SMA Kabupaten Kediri. Jurnal ABDI, 5(2), 107–110. https://doi.org/10.26740/ja.v5n2.p107-110.
Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016) Project-based learning: A review of
the literature. Improving Schools, 19(3), 267-277.
https://doi.org/10.1177/1365480216659733.
Maksum, A. (2012). Metodologi penelitian dalam olahraga (p. 29). Universitas Negeri Surabaya.
Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Suryatama, R. Y., & Ibrahim. (2020). Hambatan Guru Pendidikan Jasmani Generasi 80-an Dalam Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.24036/sporta.v5i2.140
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15.
Thomas, J. W. (2000). A review of research on project-based learning. San Rafael, CA:
The Autodesk Foundation.
Yew, E & Schmidt, H. (2009). Evidence for constructive,self-regulatory, and collaborative processes in problem-based learning. Advances In Health Sciences Education, 14(2), 251-273.
Zajkov, O. & Mitrevski, B. (2012). PBL: Dilemmas and questions! Macedonian Physics Teacher, 48, 1-11.