Uji Coba Skala Kecil: Implementasi Aplikasi Mobile Learning Materi Bulu Tangkis

Main Article Content

Silvi Aryanti
Novritika Novritika
Fitriana Fitriana
Destriana Destriana
Samsul Azhar
Nurpajriwati Nurpajriwati
Yunda Anisa

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil uji coba skala kecil produk penelitian yaitu aplikasi mobile learning materi teknik dasar bulu tangkis. Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian sebelumnya yaitu produk penelitian telah dilakukan validasi ahli dan selanjutnya pada tahap berikutnya yaitu melakukan uji coba produk pada skala kecil. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan jasmani dan kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya berjumlah 14 orang. Uji coba skala kecil dilakukan dengan menampilkan aplikasi mobile learning saat pembelajaran berlangsung. Penelitian
ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan mengadopsi teori Borg & Gall hanya sampai uji coba skala kecil. Berdasarkan hasil uji coba skala kecil implementasi aplikasi mobile learning yaitu sebesar 85.6% dengan kategori layak. Implikasi penelitian ini adalah produk penelitian Aplikasi Mobile learning layak digunakan untuk pembelajaran karena dapat di download tidak terhambat oleh waktu dan ruang.

Article Details

How to Cite
Aryanti, S., Novritika, N., Fitriana, F., Destriana, D., Azhar, S., Nurpajriwati, N., & Anisa, Y. (2025). Uji Coba Skala Kecil: Implementasi Aplikasi Mobile Learning Materi Bulu Tangkis. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 11(2), 311–318. https://doi.org/10.36706/altius.v11i2.19911
Section
Research Articles

References

Aryanti, S., Victorian, A. R., Solahuddin, S., Destriani, D., Destriana, D., & Azhar, S. (2022). Testing Media Products Using Videos For Learning Footwork Techniques. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 6(1), 17–22. https://doi.org/10.33369/jk.v6i1.20879

Aryanti, S., Victorian, A. R., & Solahuddin, S. (2021). Video Pembelajaran Pada Materi Teknik Dasar Footwork Bulutangkis. Jurnal Patriot, 3(3), 329-339.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bayuri, F., Syafaruddin, S., & Yusfi, H. (2022). Latihan drilling smash terhadap ketepatan smash bulu tangkis. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 11(2), 136-143.

Christianto, J., & Dwiyogo, W. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Cricket Berbasis Mobile Learning Pada Tim Olahraga Cricket Universitas Negeri Malang. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 168. https://doi.org/10.17977/um040v3i2p168-174

Cojocaru, A. M., Cojocaru, M., Jianu, A., Bucea-Manea-Țoniş, R., Păun, D. G., & Ivan, P. (2022). The Impact of Agile Management and Technology in Teaching and Practicing Physical Education and Sports. Sustainability, 14(3), 1237.

Criollo-C, S., Guerrero-Arias, A., Jaramillo-Alcázar, Á., & Luján-Mora, S. (2021). Mobile learning technologies for education: Benefits and pending issues. Applied Sciences, 11(9), 4111.

Hartati, Aryanti, S., Hardiyono, B., Muchlisin, A., & Pasaribu, N. (2021). Improving Badminton Learning Using Animated Video - Based Learning Model. 3, 1100–1103.

Hartati, Destriana, & Aryanti, S. (2016). Multimedia development on sport health subject for third semester student of Penjaskes FKIP UNSRI. 2nd Sriwijaya University Learning and Education International Conference, 2(1), 469–484.

http://www.conference.unsri.ac.id/index.php/sule/article/view/40

Juniarti, Y., & Gustiana, E. (2019). Pengembangan Sumber Belajar Bermain Berbasis Mobile Learning. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1), 37. https://doi.org/10.30734/jpe.v6i1.289

Kurniawan, wawan, H. K. dan A. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Mata Kuliah Bulu Tangkis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 07(05), 1–9. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/25475/75676576633

Lungit Wicaksono, & Dimas Duta Putra Utama. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Ict Oleh Guru Penjas Kota Bandar Lampung. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(1), 41–49. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i1.846

Marvin, H. (2018). Pengembangan Aplikasi Penjas-Pedia Pada Smartphone Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Untuk Kelas Vii Di Smpn 1 Bangkalan Kesehatan | Fauzen | Seminar Nasional Pendidikan Olahraga. SATRIA

Journal Of “Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis” Volume 1, Nomor 1, November 2018 Halaman 28 – 33 Malang, 1(November), 28–23.

MohammedEltayebAbdall, H., & Osman Ali Hegazi, M. (2014). Mobile Learning Aspects and Readiness. International Journal of Computer Applications, 103(11), 22–28. https://doi.org/10.5120/18118-9401

Phelps, A., Colburn, J., Hodges, M., Knipe, R., Doherty, B., & Keating, X. D. (2021). A qualitative exploration of technology use among preservice physical education teachers in a secondary methods course. Teaching and Teacher Education, 105, 103400.

Rihatno, T., & Nuraini, S. (2021). Children's physical literacy development needs using mobile learning. Journal of Physical Education and Sport, 21, 2395-2401.

Sargent, J., & Casey, A. (2021). Appreciative inquiry for physical education and sport pedagogy research: a methodological illustration through teachers’ uses of digital technology. Sport, Education and Society, 26(1), 45-57.

Septiana, R. A., & Kurnia, D. (2020). Penggunaan mobile learning dalam pembelajaran Penjas. Jpoe, 2(1), 59–67. https://doi.org/10.37742/jpoe.v2i1.24

Vega-Ramírez, L., Notario, R. O., & Ávalos-Ramos, M. A. (2020). The relevance of mobile applications in the learning of physical education. Education Sciences, 10(11), 329.

Vu, N. N., & Lien, N. T. H. (2021). Mobile Learning For Physical Education Students In Vietnam: Promises And Challenges. European Journal of Physical Education and Sport Science, 6(11).

Zhu, X., & Dragon, L. A. (2016). Physical activity and situational interest in mobile technology integrated physical education: A preliminary study. Acta Gymnica, 46(2), 59–67. https://doi.org/10.5507/ag.2016.010

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.